Minggu, 10 Februari 2013

Buku Guruku Panutanku

Judul Buku: Guruku Panutanku

Cerita di balik buku : http://www.kanisiusmedia.com/post/detail/242/Guruku-Panutanku

ISBN: 978-979-21-3330-1

Penerbit: Kanisius, Yogyakarta, 2013

Penulis: Sigit Setyawan
Kata Pengantar: Prof. Dr. Paul Suparno, SJ

Guru membentuk karakter dan membangun jiwa para siswanya. Sayangnya, sering kali kita tidak menyadari, ketika guru berdiri di depan kelas, bukan hanya ilmu yang tertransfer kepada siswa, melainkan juga nilai-nilai kehidupan yang dihayatinya. Guru menjadi panutan bagi para siswanya.

Buku ini menyingkap pengaruh guru dalam bentuk pandangan hidup para siswanya, serta menganalisis penyebab anak-anak kita sedemikian kuat terpengaruh oleh guru mereka.

Buku ini penting pagi kita, para guru dan orang tua, yang peduli pada pendidikan karakter dan pendidikan nilai bagi anak-anak remaja kita.



Komentar:

Buku Guruku Panutanku mengungkapkan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pengaruh guru terhadap pembentukan nilai-nilai yang dianut para siswa. Paparan yang dilandasi teori yang mantap dan dukungan data empiris yang cermat dalam buku ini, seyogianya menyadarkan para guru akan potensinya dalam memengaruhi siswa. Kesadaran ini merupakan dorongan bagi guru untuk memodelkan nilai-nilai yang akan ditransfer kepada siswa. Oleh karena itu, dalam upaya membangun karakter bangsa dan terbatasnya sumber acuan, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber utama.(Prof. Dr. I.G.A.K. Wardani, Guru Besar Emeritus FKIP UT).

Guru bukan sekedar pemasok data ke dalam otak siswa. Lewat bukunya, penulis membuktikan bahwa guru adalah contoh hidup yang membentuk karakter dan nilai-nilai di hati siswa, bahkan ketika guru itu sendiri tidak dengan sengaja melakukannya. Buku ini ikut memperkaya literatur tentang pendidikan karakter di sekolah-sekolah kita (Dr. F. Budi Hardiman, Dosen Program Magister Pendidikan UPH)

Untuk mendapatkan buku ini: toko buku terdekat, online melalui www.kanisiusmedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar